Seberapa penting Terumbu Karang Dalam Pelestarian Laut Pulau Hawai Bagian Utara?

Seberapa penting Terumbu Karang Dalam Pelestarian Laut Pulau Hawai Bagian Utara

Seberapa penting Terumbu Karang Dalam Pelestarian Laut Pulau Hawai Bagian Utara? – Salah satu keindahan alam yang menakjubkan adalah keindahan bawah laut. Jika membahas tentang laut maka tempat yang paling tepat adalah pulau hawai bagian utara. Banyak pantai dan pulau-pulau kecil dengan keindahan alam bawah laut yang sangat luar biasa.
Keindahan alam bawah laut tersebut tentu tidak akan dapat dinikmati jika tidak dijaga dengan baik. Banyak upaya yang harus dilakukan untuk menjaga laut agar tetap indah, bersih dengan biota laut yang lengkap. Musuh terbesar laut biasanya adalah sampah dan juga limbah-limbah kapal seperti bahan bakar kapal yang bocor dan lain sebagainya.

Mungkin masih belum hilang dalam ingatan ditemukannya hiu dan juga penyu yang mati akibat memakan sampah plastik. Hal tersebut tentu saja sangat memprihatinkan. Anda pasti berharap anak cucu Anda dapat menikmati keindahan alam bawah laut bukan? Dimana laut sendiri memberi dampak yang cukup banyak bagi kehidupan manusia.
Peran laut bagi kehidupan manusia diantaranya seperti untuk perekonomian dengan dimanfaatkan ikan oleh para nelayan, sebagai tempat pariwisata yang dapat meningkatkan perekonomian penduduk sekitar dan juga sebagai sumber pendapatan negara serta laut sangat mempunyai peran penting terhadap siklus cuaca.

Untuk menjaga agar biota laut tidak punah dan menjaga kelestarian laut khususnya laut-laut yang ada di pulau hawai bagian utara yaitu dengan menjaga ekosistem terumbu karang. Terumbu karang sangat penting bagi biota laut. Bahkan jika Anda ingin menjaga laut beserta biota atau makhluk didalamnya, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan menjaga terumbu karang.

Mengapa terumbu karang sangat penting untuk dijaga? Terumbu karang adalah tempat hidup beraneka ragam biota laut. Banyak biota laut yang menggantungkan hidupnya dari keberadaan terumbu karang diantaranya seperti anemone laut, bulu babi, penyu laut dan masih banyak lagi. Ibarat kehidupan manusia, terumbu karang adalah rumah yaitu sebagai tempat berlindung, sumber makanan dan juga tempat berkembang biak. Dimana jumlah biota laut tentu sangat bergantung dengan keberadaan atau kondisi dari terumbu karang.

Dengan adanya terumbu karang, maka akan meningkatkan spesies sehingga spesies yang ada semakin beragam. Selain itu biota laut yang hidup di laut dengan kondisi terumbu karang bagus maka ketahanan hidup biota laut tersebut lebih baik. Selain itu terumbu karang juga dapat mengurangi abrasi dan kerusakan di sekitar pantai.

Untuk menjaga ekosistem laut dan juga terumbu karang perlu dilakukan langkah konkrit dan kesadaran seluruh lapisan masyarakat terutama para pengunjung pantai dan laut. Adapun cara untuk menjaga ekosistem terumbu karang tetap baik adalah sebagai berikut ini:

Terumbu Karang Dalam Pelestarian Laut Pulau Hawai Bagian Utara

Menjaga kebersihan laut dari sampah dan uga limbah berbahaya lainnya. Seperti yang sudah penulis jelaskan sebelumnya bahwa musuh terbesar dari laut saat ini adalah sampah dan juga limbah berbahaya seperti bahan bakar kapal dan lain sebagainya. berhenti membuang sampah di sungai maupun aliran yang akhirnya mengalir ke laut. Khususnya untuk sampah plastik dimana sampah jenis plastik sangat membahayakan biota laut.

Selain itu sampah plastik dapat menutupi terumbu karang dari sinar matahari yang mana sangat dibutuhkan untuk berkembang biak. Anda jangan salah berpikir atau menganggap bahwa terumbu karang hanyalah batu laut, terumbu karang adalah makhluk hidup yang dapat bernafas, dan juga membutuhkan cahaya matahari.

Satu hal lagi yang sangat penting untuk diperhatikan yaitu ketika memanfaatkan laut jangan sampai merusak terumbu karang. Gunakan alat penangkap ikan yang ramah terhadap lingkungan laut khususnya terumbu karang.