Upaya Pelestarian Laut

Upaya Pelestarian Laut

Upaya Pelestarian Laut – Indonesia merupakan salah satu negara yang sering disebut – sebut sebagai negara kepulauan. Sebutan tersebut tentu saja memberikan gambaran bahwa Negara Indonesia memiliki banyak pulau. Dengan banyaknya pulau yang ada di Indonesia menjadikan negara ini memiliki banyak lautan juga. Berbicara tentang laut, tentu akan membayangkan keindahan laut yang memiliki banyak biota laut didalamnya. Adanya banyak laut yang ada di Indonesia mewajibkan seluruh masyarakat Indoneisa untuk menjaga kelestarian lautnya. Beberapa upaya pelestarian laut juga harus dilakukan demi kekayaan Negara Indonesia ini. Pelestarian merupakan upaya untuk menjaga dan memelihara sesuatu agar nantinya tetap utuh dan eksis keberadaannya. Sehingga jika kita menghubungkan pelestarian dengan kata laut, maka akan memiliki arti berupa upaya seseorang untuk menjaga dan memelihara lingkungan laut baik laut lepas maupun pantainya.

Pelestarian laut perlu dilakukan karena kekayaan hayati yang berada di dalam laut baik berupa hewan, tumbuhan, serta lingkungan yang berupa terumbu karang memang seharusnya kita jaga kelestarian alam dan lingkungannya. Selain itu, kelestarian alam dan lingkungan juga dapat diwariskan kepada anak cucu. Saat ini pemerintah Indonesia telah melakukan beberapa cara untuk pelestarian laut. Pemerintah telah melakukan pelarangan bagi industri –industri yang ada di Indonesia untuk tidak membuang limbahnya di laut, mengingat industri merupakan penghasil limbah yang sangat berbahaya bagi lingkungan laut. Berbagai macam kandungan zat berbahaya yang ada pada limbah industri jika dibuang ke laut akan dapat mengancam kehidupan biota yang ada di laut. Sehingga salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan larangan membuang limbah industri ke laut.

Upaya Pelestarian Laut

Selain itu, pemerintah Indonesia juga melakukan pencegahan polusi air laut dengan mencegah tumpahan minyak dari kapal tanker maupun kapal lain yang biasanya secara sengaja membuang sisa bahan bakarnya ke laut. Hal ini dilakukan karena dengan adanya tumpahan sisa bahan bakar kapal ke laut menjadikan banyak biota laut yang mati, meracuni burung – burung yang ada di laut, bahkan tumpahan minyak ini juga dapat menjebak burung – burung laut sehingga burung tersebut tidak mampu untuk terbang. Selain dari tumpahan minyak bahan bakar kapal, polusi air laut juga dapat terjadi karena pembuangan sampah di sungai yang dilakukan oleh masyarakat. Pembuangan sampah di sungai menyebabkan sampah menumpuk sedikit demi sedikit dan mengalir ke muara laut. Sehingga perlu pencegahan pembuangan sampah di sungai untuk mengurangi polusi air laut.

Pemerintah Indonesia juga melakukan larangan untuk melakukan penangkapan ikan dengan bahan peledak. Hal ini dilakukan karena bahan peledak yang digunakan untuk menangkap ikan ini sangat berbahaya bagi lingkungan biota laut. Peledakan yang dilakukan untuk menangkap ikan dapat merusak terumbu karang yang dijadikan biota laut sebagai tempat hidup. Selain itu peledakan tersebut juga dapat membuat seluruh ikan di area peledakkan mati baik yang berukuran kecil maupun besar. Terumbu karang perlu dijaga kelestariannya karena untuk tumbuh bebrapa centi saja terumbu karang ini membutuhkan waktu puluhan tahun. Dengan begitu apabila penangkapan ikan dengan cara peledakkan ini tidak dihentikan lingkungan yang ada di laut akan rusak dan tidak akan lagi ikan serta biota laut lainnya yang dapat tumbuh di dalam laut tersebut. Sehingga pelarangan penangkapan ikan dengan bahan peledak menjadi sangat penting untuk menjaga kelestarian laut. Selain itu masih banyak lagi upaya pelestarian laut yang telah dilakukan.