8 Fakta Tentang Terumbu Karang di Pulau Hawai yang Menarik Untuk Diketahui

8 Fakta Tentang Terumbu Karang di Pulau Hawai yang Menarik Untuk Diketahui

8 Fakta Tentang Terumbu Karang di Pulau Hawai yang Menarik Untuk Diketahui – Sebagai kerajaan laut terbesar di dunia, Hawai memiliki banyak biota laut yang dapat hidup karena baiknya terumbu karang yang tumbuh di perairan ini. Ini dia fakta tentang terumbu karang di Pulau Hawai yang menarik untuk anda simak, yaitu :
1. Memiliki Banyak Spesies Terumbu Karang yang Hanya Bisa Ditemukan Di Hawai
Keadaan laut Hawai yang masih banyak belum terjamah atau terisolasi, membuat perairan ini memiliki lebih dari 1250 spesies unik terumbu karang yang bisa ditemukan hanya di perairan Pulau Hawai.

2. Tempat Hidup 500 Spesies Alga
Perairan laut Hawai merupakan tempat hidup bagi tumbuhan laut alga yang telah teridentifikasi sebanyak 500 spesies. Alga merupakan spesies yang memberikan sumbangan oksigen lebih banyak dibandingkan semua tanaman darat lainnya di dunia. Alga juga merupakan sumber makanan yang penting bagi banyak hewan laut. Biota laut ini menjadi bahan utama produksi gelatin, selai, dan berbagai produk makanan lainnya.

3. Memiliki Tempat Konservasi Laut Terbesar di Amerika Serikat
Pemerintah Kebijakan Eksekutif Amerika pada tahun 2000 telah menetapkan lahan seluas 84 juta are di sekitar Barat Laut Pulau Hawai merupakan tempat konservasi laut terbesar yang didirikan di Amerika Serikat. Tempat konservasi laut ini bernama Northwestern Hawaiian Island Coral Reef Ecosystem Reserve.

4. Tempat Ditemukannya Sebagian Besar Koral Laut di Amerika
Sebagian besar spesies koral laut Amerika berasal dari Pulau Hawai bagian barat laut. Tempat ini termasuk ke dalam 10 pulau kecil tak berpenghuni dan terletak sekitar 1200 mil ke sebelah barat laut dari pusat Pulau Hawai.

5. Dijuluki Hutan Laut
Lebih dari 7000 spesies tanaman dan hewan laut yang telah diketahui ditemukan di Pulau Hawai. Banyaknya spesies laut yang hidup di perairan Pulau Hawai ini membuatnya mendapat julukan ‘hutan laut’.

6. Pemerintah Pulau Hawai Mendukung Konservasi Laut
Dukungan dari pemerintah Pulau Hawai dan dibuktikan dengan didirikannya Teluk Hanauma pada tahun 1967. Teluk Hanauma merupakan konservasi laut pertama di Pulau Hawai yang melindungi ikan dari aktivitas penangkapan ikan liar. Banyaknya ikan di Pulau Hawai berkisar 3-4 kali lebih banyak dibandingkan perairan lainnya di Oahu, pulau terbesar di Hawai.

8 Fakta Tentang Terumbu Karang di Pulau Hawai7. Memiliki Banyak Spesies Laut Endemik
Sebanyak 25% spesies laut di seluruh dunia merupakan spesies endemik Pulau Hawai. Kekayaan hidup biota laut di pulau eksotis ini juga terus berlanjut dengan ditemukannya spesies baru secara konstan oleh para peneliti.

8. Surga Bawah Laut yang Menakjubkan
Kepulauan Hawai memiliki wilayah seluas 410.000, tempat hidup berbagai jenis terumbu karang Lebih dari 7000 biota laut yakni tanaman dan hewan laut ini mampu menyajikan pemandangan laut yang luar biasa indahnya.